Posted on

Kenali Suara Rayap Berisik

Rayap adalah hama yang merusak rumah, sehingga keberadaannya harus segera diketahui. Salah satu cara mengetahui keberadaan rayap adalah suara berisik yang dihasilkan. Meski berukuran kecil, rayap menghasilkan suara ketika menghancurkan kayu. Suara rayap berisik memang pelan tapi akan terdengar jelas jika diperhatikan. Sebelum semakin parah, kenali suara berisik rayap di bawah ini:

– terdengar suara gemeretakan

Tanda-tanda keberadaan suara rayap berisik adalah suara gemeretakan kayu. Suara ini terdengar lirih tapi terus menerus dan tidak berhenti. Suaranya terdengar silih berganti, jika Anda memperhatikan dengan baik suara tersebut terdengar banyak. Ini karena rayap bekerja secara berkelompok. Suara gemeretakan kayu adalah suara yang dihasilkan ketika rayap menghancurkan kayu.

 

– suaranya lebih terdengar di malam hari

Suara rayap berisik lebih terdengar di malam hari, terlebih lagi tengah malam yang sepi. Suara ini akan terdengar lebih jelas dan berisik. Jika Anda mendengarnya di malam hari sebaiknya segera cari tahu dari mana sumber suaranya agar bisa segera dibasmi sebelum semakin rusak. Suara berisik ini sebenarnya tidak hanya ada pada malam hari saja tapi sepanjang hari, tetapi karena suasan malam lebih sepi jadi suaranya lebih terdengar.

 

– sumber suara biasanya dari dinding kayu

Anda bisa mencari sumber suara rayap berisik dengan mendekatkan telinga ke perabotan kayu. Ini karena rayap pasti memakan kayu jadi sumber suara biasanya berasal dari kayu terutama dinding kayu. Rayap mulai menghancurkan kayu dan menghasilkan suara berisik. Jika suara tersebut berasal dari dinding kayu maka sebaiknya Anda berhati-hati karena lama-kelamaan dinding tersbut akan semakin rapuh.

 

– dinding kayu atau perabotan menghasilkan suara berbeda jika diketuk

Selain suara rayap berisik, suara dari dinding kayu yang sudah digerogoti rayap juga berbeda. Cobalah ketuk beberapa bagian dinding atau perabotan kayu Anda, jika suaranya berbeda maka bagian dalamnya sudah makan oleh rayap. Suara perabotan atau dinding yang sudah dihancurkan rayap akan lebih kencang ketika diketuk. Suaranya lebih nyaring dan menggema, sedangkan suara perabotan dan dinding kayu yang sehat lebih padat tidak terlalu berbunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *